Jepang Sayangkan Delegasi Korea Selatan Staf dan Atlet Tolak Makanan dari Fukushima di Wisma Atlet

Sejak dimulainya olimpiade, Korea Selatan  meluncurkan program bagi para atletnya dan staf yang berlaga di Olimpiade untuk menghindari makanan yang disediakan di wisma atlet Jepang karena dikhawatirkan terkontaminasi bahan makanan yang dikirim dari Fukushima karena diduga mengandung nuklir.

Sejak 2011 lalu, Fukushima pernah dilanda bencana nuklir yang diakibatkan dari Gempa hebat dan memicu tsunami laut hingga membuat area Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di sana alami kerusakan hebat.

Korea Selatan khawatir bahwa bencana tersebut mencemari lingkungan dan mempengaruhi kualitas dari hasil produk yang dihasilkan dari Fukushima.

Sejak dimulainya Olimpiade, sebagai tindakan preventif Korea Selatan membawa juru masaknya sendiri dan kateringnya sendiri bagi para atlet dan rombongan mereka.

Mereka juga membawa bahan makanan dari negara asalnya.

Sejak beberapa bulan lalu, Jepang menentang Korea Selatan terkait dengan penolakan makanan yang disediakan panitia karena dapat merusak reputasi produk makanan dari Fukushima yang sudah terbukti aman karena telah melewati serangkaian tes kelayakan.

Menurut panitia olimpiade menayatakan bahwa setiap makanan yang disediakan di wisma atlet untuk para atlet dan staf telah dijamin aman dikonsumsi.

Sejak kejadian bencana di Fukushima tahun 2011, pemerintah Korea Selatan memang telah melarang impor produk perikanan dari Fukushima dan prefektur di sekitarnya karena dikhawatirkan telah terkontaminasi nuklir.

Source : KN, insider