Jepang Setujui Perdangan Bebas Terbesar yang Mencakup Indonesia dan 15 Wilayah Negara Asia Pasifik

Parlemen Jepang telah resmi menyetujui perdagangan bebas terbesar di dunia yang mencakup 15 Negara di Asia Pasifik termasuk Indonesia yang dimana akan mulai berlaku akhir tahun ini.

RCEP, atau Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional akan menciptakan perdagangan bebas yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi setiap negara.

Perjanjian perdagangan bebas ini telah ditandatangani 15 negara pada November lalu dan akan mulai berlaku 60 hari usai diratifikasi anggota negaranya. Singapura dan China telah menyelesaikan prosedur tersebut pada Rabu (28/4/21) kemarin.

Pemerintah Jepang mengharapkan dibawah kesepakatan perdagangan bebas ini akan memuculkan 570.000 lapangan kerja baru serta kenaikan PDB negara Jepang hingga 2,7%.

Dengan kesepakatan ini, juga akan adanya perputaran ekonomi yang mencakup berbagai negara sehingga keterbukaan terhadap peluang meningkatnya pertumbuhan ekonomi negara semakin besar.

Kesepakatan perdagangan bebas ini mencakup berbagai negara di Asia Pasifik terutama 10 negara ASEAN yang mencakup Indonesia, Laos, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Jepang, China, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru.

Sebelumnya, India juga merupakan salah satu anggota negara perdagangan bebas ini namun angkat kaki karena adanya dinamika perekonomian domestik yang dihadapi.

Source : mainichi