Jepang Siap Perkenalkan Sistem “Paspor Vaksin” untuk Memudahkan Pendatang dan Perjalanan Internasional

ilustration pict by : forbes

Jepang kini siap memperkenalkan sistem canggih “paspor vaksin” agar memudahkan setiap orang yang telah diinokulasi yang akan melakukan perjalanan internasional.

Paspor vaksin ini diperkirakan akan berupa digital yang ada di smarthone dalam bentuk QR code, sehingga nantinya akan ada pemindaian secara sistem otomatis.

Dengan adanya sistem ini tentu akan mempermudah bagi setiap orang yang akan melakukan perjalanan bisnis terutama pendatang dari Uni Eropa, Asia Tenggara dan China.

“Negara lain sudah melakukannya dan kini Jepang juga perlu mempertimbangkannya juga” ucap Taro Kono salah satu Menteri yang juga bertanggung jawab soal vaksin di Jepang.

Sebelumnya, Kono telah menyuarakan keprihatinan jika setiap orang yang telah divaksin akan menerima sertifikat nantinya akan menyebabkan deskriminasi kepada orang yang tidak divaksin karena kemungkinan reaksi alergi atau pun efek samping.

Demi menghindari hal tersebut, sistem ini akan bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Paspor vaksin ini nantinya akan dibaca sistem akan mencantumkan hasil negatif pengujian dan hasil tes antigen.

Aplikasi tersebut akan terhubung dengan sistem pencatatan vaksinasi dan masuk dalam database sistem bagi orang yang telah menerima vaksin serta merekam data bagi setiap orang yang telah melakukan pengujian corona.

Saat ini sendiri, Jepang mengizinkan bagi warga asing dengan status residen serta izin masuk khusus, untuk memasuki negaranya tersebut dengan menyerahkan hasil tes negatif tes virus corona dalam waktu 72 jam terkakhir setelah kedatangan. Selain itu beberapa negara juga telah mendapat izin masuk bagi negara yang telah dinyatakan aman terutama untuk keperluan bisnis.

Source : JT