Jepang Siapkan Langkah Untuk Kembali Memberlakukan Perjalanan Wisata Bebas Visa

Pemerintah Jepang berencana untuk mencabut larangan kunjungan wisata individu tanpa visa serta menghapus kebijakan pembatasan kedatangan harian demi mengembalikan kondisi seperti sebelum pandemi corona dan memulihkan ekonomi.

Menurut PM Fumio Kishida, kebijakan ini akan dijelaskan secara detail segala perubahannya dalam beberapa hari mendatang.

Pelonggaran ini diperkirakan akan segera dimulai pada bulan Oktober mendatang meskipun keputusan akhir tetap bergantung pada situasi dan kondisi dalam dan luar negeri Jepang.

Saat ini, pelemahan nilai tukar yen yang sangat signifikan membuat pemerintah Jepang harus memberlakukan langkah cepat agar ekonomi berputar salah satunya adalah dengan memperbanyak kunjungan turis asing ke sana.

Nantinya, kebijakan ini akan membebaskan kembali visa bagi beberapa negara yang boleh masuk ke Jepang tanpa visa seperti sebelum pandemi dengan tak ada lagi batasan harian kuota masuk dari luar negeri.

Meski pelonggaran akan diberlakukan, namun beberapa persyaratan tetap harus dipenuhi seperti halnya vaksinasi.

Meski dikritik karena lambat dalam pelonggaran pembatasan, sejak Maret lalu Jepang kini secara bertahap melonggarkan aturan pembatasan pandemi sedikit demi sedikit. Dengan ini diharapkan menjadi salah satu pemicu agar ekonomi di bidang pariwisata dapat kembali bangkit dan penguatan terhadap nilai tukar yen semakin menguat.

Source : AN