Jepang Tak Berhasil Temukan Bukti Kematian 3 Orang yang Telah Menerima Vaksin Moderna

Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan bahwa saat ini tidak ada bukti yang cukup kuat terkait dengan kematian 3 orang yang telah menerima dosis vaksin Moderna ditengah kekhawatiran vaksin Moderna yang ditarik karen terkontaminasi stainless steel.

Moderna dan Takeda Pharmaceutical Co, yang bertanggung jawab atas pemberian vaksin kepada masyarakat telah menangguhkan dan menarik seluruh 1,63 juta dosis vaksin buatan Moderna yang terkontaminasi stainless steel.

3 orang berusia 38,30 dan 49 tahun asal Jepang meninggal usai menerima vaksin dosis kedua buatan Moderna namun hingga kini belum jelas apakah kematian tersebut diakibatkan oleh vaksin namun menurut kementerian, vaksin yang digunakan ketiga orang tersebut bukanlah vaksin yang terkontaminasi stainless steel.

Meski begitu, ahli medis tetap mencari tahu terkait dengan penyebab kematian orang yang telah menerima vaksin Moderna tersebut.

Saat pengumuman menarik seluruh dosis tersebut, Moderna mengatakan bahwa Stainless Steel memang dipakai untuk keperluan medis seperti katup jantung dan menyambungkan jahitan sehingga diharapkan tidak ada resiko medis yang mengancam.

Setidaknya, vaksin yang terkontaminasi stainless steel tersebut telah diberikan kepada 500.000 orang.

Source : JT