Jepang Tambah Anggaran Dana untuk Tanggulangi Dampak Virus Corona Sebesar 31 Trilyun Yen

Pemerintah dan Parlemen Jepang pada hari Jumat sepakat untuk mengeluarkan anggaran tambahan demi tanggulangi dampak virus corona sebesar 31,91Trilyun Yen. Penambahan anggaran ini membuat anggaran penanggulan corona virus naik menjadi 2 kali lipat.

Akibat pandemi virus corona menyerang berbagai sektor ekonomi dan sosial di Jepang membuat pemerintah habis-habisan menanggulangi dampak tersebut.

Anggaran kedua fiskal tahun 2020 ini akan dirancang untuk mendanai staf medis yang bekerja di garis depan, berbagai subsidi untuk membangkitkan bisnis-bisnis kecil, persiapan kehidupan new normal setelah pandemi dan lain sebagainya.

“Anggaran tambahan ini adalah untuk menciptakan kehidupan baru di era corona. Saya berharap dapa bekerja sama dengan semua pihak agar dapat mengatasi situasi yang sulit ini” Kata Abe kepada wartawan.

Dalam anggaran tersebut pemerintah berencana untuk memberikan insentif kepada para tenaga medis sebesar 200.000 Yen dan juga 100.000 Ye untuk setiap anggota staff medis yang menjamin ruang pasien dan siap menerima pasien-pasien corona.

Yoshimasa Maruyama penganalisa ekonomi makro mengatakan langkah kebijakan pemerintah dinilai masih kurang untuk tanggulangi dampak virus ini sebab masih banyak tambahan anggaran yang diperlukan untuk membiyayai langkah tambahan.

Menteri Keuangan Tara Aso mengatakan penambahan anggaran lain belum bisa diputuskan sekarang karena harus melihat efektivitas langkah-langkah yang telah diputuskan dan perlu evaluasi kembali apabila ada anggaran tambahan lain yang diperlukan.

Source : AN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here