Jika Terbukti Atlet China Gunakan Doping, Atlet Indonesia Windy Cantika Berpeluang Raih Medali Perak

Cabang olahraga angkat besi wanita masih menunggu keputusan IOC dan Badan Anti Doping dunia usai mencuatnya kabar atlet angkat besi wanita peraih medali emas asal China Hou Zhihui menggunakan doping.

Dilansir berbagai media di India, Zhihui diduga menggunakan doping saat bertanding cabang olahraga angkat besi wanita kelas 49 kg pada Sabtu pekan lalu.

Jika IOC mengkonfirmasi atlet tersebut memakai doping saat bertanding maka akan didiskualifikasi dan lifter India Chanu Saikhom yang sebelumnya mendapat medali perak akan mendapat medali emas dan juga termasuk Windy Cantika, atlet asal Indonesia peraih medali perunggu akan naik mendapatkan medali perak.

Menurut PABSI, Kepala Pembinaan dan Prestasi Hadi Wiharja mengatakan tidak mau berekspektasi tinggi soal isu tersebut karena masih belum jelas kebenarannya.

“Memang belum ada berita resmi. Dari kontingen Indonesia di Tokyo juga belum ada kabar” ucap Hadi Wiharja.

Menurut Hadi, kabar kebenaran atlet China terbukti memakai doping atau tidak kemungkinan bisa diketahui setidaknya 1 pekan mendatang.

Hal tersebut juga opernah terjadi di Olimpiade Sydney tahu 2000 ketika lifter Lisa Rumbewas yang mendapat poerunggu dinyatakan berhak dapatkan medali perak karena lifter Bulgaria Izabela Dragneva positif memakai doping saat pertandingan.

Source : CNN