Jokowi Dorong Kerjasama Infrastruktur Negara ASEAN dan Jepang Terus Berlanjut

Pada KTT ASEAN yang digelar secara virtual, Presiden RI Joko Widodo mendorong kerjasama infrastruktur dan ingin kerjasama negara ASEAN dan Jepang sebagai mitra terbesar pembuatan infrastruktur dapat terus berlanjut.

“Dari data yang ada setidaknya saat ini Jepang memiliki beberapa proyek yang sedang berjalan dengan nilai 259 miliar dolar AS di beberapa negara ASEAN termasuk Indonesia.” kata Jokowi saat pidato di KTT ASEAN.

Presiden Jokowi sangat yakin bahwa pembangunan infrasruktur menjadi salah satu elemen penting untuk memutar roda perekonomian negara terlebih hal ni juga merupakan prioritas kerjasama konkret di bawah ASEAN Outlook on Indo-Pasific.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa kemitraan pembangunan proyek dengan Jepang menjadi sangat penting untuk transfer ilmu dan teknologi serta mobilisasi pembiayaan.

Dengan relokasi yang dilakukan berbagai industri manufaktur perusahaan Jepang ke kawasan Asia Tenggara juga diyakini dapat menjadi elemen penting untuk diversifikasi rantai suplai hingga seluruh negara kawasan dapat pulih dan bangkit dari pandemi dan keterpurukan ekonomi.

Source : antara