JR West Menguji Pengangkutan Produk Segar Dengan Shinkansen Dari Kagoshima Ke Osaka

West Japan Railway Co. (JR West) telah memulai pengujian untuk mengangkut produk segar dari Prefektur Kagoshima ke Prefektur Osaka, sekitar 900 km jauhnya, dengan kereta shinkansen dalam waktu sekitar 4 jam.

Tes telah dilakukan di jalur shinkansen Sanyo dan Kyushu. Karena permintaan perjalanan untuk kereta api mengalami stagnasi di tengah pandemi virus corona, JR West berharap dapat menciptakan nilai bisnis baru dengan memanfaatkan jaringan shinkansen.

Menurut JR West, mereka akan memanfaatkan tiga fitur kereta peluru yaitu: kecepatan tinggi, ketepatan waktu, dan frekuensi. Bekerja sama dengan Kyushu Railway Co. (JR Kyushu), JR West bermaksud untuk mengangkut makanan khas Prefektur Kagoshima seperti ikan amberjack, lobak daikon Sakurajima, dan stroberi. Paket ditempatkan di ruang kosong yang ditujukan untuk vendor dalam kereta, bukan di kursi penumpang. JR West mengatakan akan melanjutkan pengujian hingga Juni untuk memeriksa manajemen suhu dan penyerahan paket di stasiun. Kemudian bertujuan untuk memulai pengoperasian layanan secara teratur.

JR West meluncurkan tes pertamanya kepada media di Stasiun Shin-Osaka pada 26 Februari. Sebuah kereta shinkansen yang membawa delapan kotak produk segar dan barang lainnya yang dimuat di Stasiun Kagoshima-Chuo tiba di Stasiun Shin-Osaka. Produk tersebut kemudian diangkut ke hotel-hotel di Osaka dan Kyoto melalui jalur kereta api konvensional.

Karena industri lokal di pedesaan juga menderita akibat efek pandemi virus corona, perwakilan JR West berkata, “Kami ingin berkontribusi dalam promosi penjualan makanan khas daerah dengan mengangkutnya.”

Jumlah penumpang kereta peluru Sanyo Shinkansen pada Januari hanya 27% dari tahun sebelumnya. East Japan Railway Co. memulai pengangkutan barang skala penuh dengan shinkansen pada Oktober 2020, dan JR Kyushu juga melakukan hal yang sama. JR West selanjutnya berencana untuk mengangkut udang, kepiting, dan barang-barang lainnya dari kota Kanazawa di Laut Jepang ke Tokyo menggunakan kereta peluru Hokuriku Shinkansen.

Sc: Mainichi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here