Kabar Baik! Menaker Ida Fauziyah Surati Pemerintah Jepang Agar Program Pemagangan Kembali Dibuka

Menteri Ketenagakerjaan Indonesia Ida Fauziyah mengirimkan surat kepada pemerintah Jepang untuk segera kembali membuka program pemagangan bagi peserta dari Indonesia.

Sejak beberapa waktu, Jepang sendiri tak hanya menutup program pemagangan baru dari luar negeri tetapi juga kedatangan internasional untuk tujuan berlibur akibat adanya pandemi corona.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat ini Indonesia telah berhasil mengendalikan pandemi dan Positivity rate turun sehingga kabar tersebut bisa disampaikan kepada pemerintah Jepang agar program pemagangan bisa dibuka kembali.

“Kita sampaikan pandemi, bisa kita kendalikan, Positivity rate turun , kita sampaikan kepada pemerintah Jepang sehingga kesempatan pemagangan ini bisa kembali dibuka” ucap Menteri Ketenagakerjaan di Hotel Mercure Senin (11/10/2021).

Menurut Kemnaker, pembukaan kembali program pemagangan ke luar negeri adalah salah satu langkah dukungan pemerintah demi menekan angka pengangguran di tanah air apalagi akibat adanya pandemi belakangan ini.

Program pengiriman pemagangan dari Indonesia ke Jepang sendiri telah dimulai sejak 1993. Hingga saat ini peserta yang dikirimkan ke Jepang tercatat ada sebanyak 85.415 peserta.

Menurut Menteri Ida, banyak mantan peserta pemagangan tersebut, kini berhasil menjadi pengusaha sukses atau pun bekerja dengan gaji yang baik.

Source : ekonomi.bisnis