Kabar Baik, Novel “Kitchen” Karya Yoshimoto Banana Versi Indonesia Akan Dirilis Akhir April 2021

Kabar baik bagi para pecinta novel di Indonesia karena sebentar lagi novel berjudul “Kitchen” karya dari Yoshimoto Banana akan hadir dalam versi Indonesia yang dirilis oleh @penerbitharu pada akhir April 2021 nanti.

Novel yang berashil meraih penghargaan bergengsi di Newcomer Writters Prize dan Izumi Kyoka Literary Prize ini menjadi sebuah novel yang sangat bagus untuk kita baca.

“Kitchen” bercerita tentang Sakurai Mikage, seorang mahasiswi yang merasakan duka mendalam akibat ditinggalkan oleh neneknya. Mikage yang sebatang kara kemudian diajak tinggal bersama dengan Yuichidan ibunya yang seorang transgender. Mikage menerima tawaran tersebut, salah satu alasannya adalah karena rumah Yuichi punya dapur yang bagus. Pada dasarnya, Mikage adalah penggila dapur.

Memasak di dapur menjadi pelarian Mikage atas dukanya. Di lain pihak, berbeda dengan Mikage, pada “Moonlight Shadow” para tokohnya menghadapi duka dengan cara yang berbeda; Satsuki memilih untuk joging pagi-pagi buta, sementara seorang pemuda bernama Hiiragi memilih mengenakan seragam perempuan kekasihnya untuk pergi ke sekolah.

Kisah Kitchen menunjukkan bahwa cara setiap orang menghadapi duka dan kehilangan bisa berbeda-beda, dan bahwa setiap orang berhak untuk merasakan apa yang sedang kita rasakan.

Pada kata penutup Kitchen edisi Jepang sampul baru, Yoshimoto Banana menuliskan komentar seorang kawannya bahwa Kitchen memberikan keberanian kepada para pembaca untuk menunjukkan sifatnya, untuk memerdekakan emosi tersembunyinya.

Kitchen bukan lagi tentang kehidupan sosial masyarakat Jepang yang digambarkan lewat tokoh-tokohnya, melainkan tentang kita, masyarakat Indonesia, yang selama ini memilih menahan mengekspresikan perasaan. Memilih menyimpan rapat-rapat pergulatan emosional ketika berhadapan dengan kehilangan, kepedihan, dan perasaan sepi karena khawatir dianggap rapuh.

Kitchen mengantarkan Yoshimoto Banana meraih penghargaan Kaien Newcomer Writers Prize dan Izumi Kyoka Literary Prize, juga menerima penghargaan Best Newcomer Artists yang direkomendasikan oleh Kementerian Pendidikan Jepang, menunjukkan bahwa buku ini adalah sebuah karya sastra yang penting untuk diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here