Kabar Baik! Pemerintah Jepang Keluarkan Aturan Perusahaan Telekomunikasi Dilarang Lock Kartu Seluler Smartphone

Bagi kalian yang pernah merasakan membeli smartphone di Jepang, pastinya akan mengetahui terkait dengan sistem kontrak biaya bulanan pembelian smartphone dan mendapatkan paket layanan jaringan seperti internet, telepon atau pun sms.

Dengan sistem tersebut membuat pengguna terikat dengan perusahaan jaringan telekomunikasi yang pertama kali dipilih saat membeli. Sehingga jika kita telah memilih salah satu provider maka akan sulit berpindah ke provider lain.

Tak jarang banyak dari konsumen yang harus mengganti smartphone demi bisa beralih ke provider lain.

Memang sejak bertahun-tahun, smartphone untuk pasar Jepang masih bisa di unlock dengan cara pakai jasa unlock provider namun perusahaan telekomunikasi besar di Jepang seperti Docomo, AU dan Softbank membuat sistem agar smartphone yang dijual tidak mudah di unlock agar terus berlangganan kepada mereka.

Kini dalam aturan baru Kementerian Komunikasi Jepang mengeluarkan kebijakan baru bahwa perusahaan telekomunikasi dilarang mengunci kartu sim atau sistem lock provider.

Aturan ini kabarnya akan mulai berlaku pada Oktober mendatang.

Sebenarnya aturan ini adalah mimpi buruk bagi perusahaan telekomunikasi dan akan membuat perusahaan lebih sulit mempertahankan pengguna agar tetap berlangganan.

Namun di sisi lain dengan adanya aturan baru ini pengguna nantinya bisa lebih leluasa untuk berpindah ke provider lain jika merasa tidak cocok.

Selain itu, para pengguna juga bisa lebih menghemat uang mereka dalam jangka panjang.karena tidak perlu lagi membeli smartphone baru jika ingin mengganti provider telekomunikasinya.

Source : jiji