Kabar Duka, Gempa Bumi Sebesar 7.2 Magnitudo Telah Terjadi Di Jepang Bagian Timur Laut

Gempa dengan kekuatan awal 7.2 magnitudo mengguncang timur dan timur laut Jepang pada Sabtu (20/03/2021), dan pemerintah awalnya memperingatkan tsunami hingga 1 meter dapat melanda sebagian wilayah pesisir Prefektur Miyagi.

Gempa terjadi pada pukul 18.09 JST sekitar 60 km di bawah permukaan laut di lepas pantai Miyagi, kata Badan Meteorologi Jepang. Badan tersebut membatalkan peringatan tsunami pada pukul 19:30 JST

Satu orang dilaporkan cedera di Prefektur Miyagi, menurut pemadam kebakaran setempat, tetapi tidak ada kerusakan struktural yang dilaporkan. Rekaman televisi di lembaga penyiaran publik NHK menunjukkan tidak ada kelainan di daerah pesisir atau perkotaan di Miyagi di mana gempa paling parah terjadi.

Tidak ada kelainan yang ditemukan di pembangkit nuklir di timur dan timur laut Jepang, menurut operator mereka, sementara JR East mengatakan untuk sementara menghentikan operasi layanan kereta peluru Shinkansen Tohoku.

Perintah evakuasi dikeluarkan untuk sekitar 8.850 penduduk di daerah pesisir di Miyagi, menurut pemerintah prefektur.

Shinji Toda, profesor geofisika di Universitas Tohoku, mengatakan gempa bumi terbaru bisa menyebabkan tsunami besar jika fokusnya dangkal.

Sc: Japan Today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here