Kapal China Cetak Rekor Dekati Pulau Senkaku

Kapal pemerintah China yang terlihat di perairan Senkaku Island mencetak rekor selama 112 hari berturut-turut hingga 4 Juni lalu menurut penjaga pantai Jepang di pulau tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir terlihat ada 4 buah kapal coastguard China yang beraktivitas di dekat pulau sengketa antara Jepang dan China tersebut.

Penjaga pantai Jepang yang memantau pergerakan kapal China mengatakan bahwa kapal China tersebut juga memantau area Pulau Senkaku dan sering bergerak mendekati kapal nelayan Jepang.

China mengkalim bahwa pulau tersebut adalah milik negaranya sementara Jepang mengatakan bahwa kepemilikan pulau Senkaku telah diambil alih Jepang dari kepemilikan pribadi sejak September 2012.

Pemerintah Jepang juga telah menyerukan keprihatinannya atas kapal China yang terus mengepungi dan beraktivitas di wilayah tersebut.

Hubungan semakin panas usai China yang memberlakukan aturan untuk memperbolehkan kapal-kapalnya memakai senjata bila sewaktu-waktu diperlukan.

Pemerintah China mengklaim bahwa aktivitas kapal dari negaranya tersebut merupakan langkah patroli untuk menjaga daerah teritorialnya.

Source : asahi