Kasus Belum Mereda di Beberapa Prefektur, Pemerintah Jepang Akan Segera Perpanjang Masa Status Darurat

Pemerintah Jepang dikabarkan akan segera memperanjang status darurat yang awalnya dijadwalkan hanya berlaku sampai Selasa (11/5/21) pekan depan.

Saat konferensi pers dengan media, PM Suga mengatakan pemerintah akan berkoordinasi dengan para ahli sebelum membuat keputusan perpanjangan status darurat tersebut.

Masa perpanjangan status darurat akan diperpanjang atau tidak akan diumumkan Jumat (7/5/21) besok.

Sejak bulan lalu, PM Yoshihide Suga telah mengumumkan Jepang yang kembali memberlakukan status darurat yang ketiga kalinya di beberapa prefektur mulai dari 25 April hngga 11 Mei.

Wilayah yang masuk dalam status darurat tersebut mencakup Tokyo, Osaka, Hyogo, Kyoto akibat wilayah tersebut tergolong wilayah yang terparah dibanding prefektur lain.

Dibawah pemberlakuan status darurat, berbagai aktivitas masyarakat sangat dibatasi termasuk pemendekan jam operasional berbagai bar dan restoran agar mencegah kerumunan.

Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura yang telah meminta kepada pemerintah pusat agar memperpanjang status darurat terutama di wilayahnya akibat penambahan kasus corona di wilayah tersebut belum juga membaik.

Source : KN