Kasus Covid Melonjat di Korut, Jepang Kasih Sinyal Siap Kirim Bantuan Meski Hubungan Diplomatik Buruk

Kementerian Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi pada Minggu kemarin menjelaskan bahwa pemerintah kini tengah mempertimbangkan untuk membantu Korea Utara dari lonjakan kasus infeksi virus corona.

“Kami tak memiliki hubungan diplomatik dengan negara itu  (Korea Utara), tapi itu tidak berarti kami membiarkannya begitu saja.” ucap Yoshimasa.

Korea Utara kini dikabarkan tengah berjuang melawan lonjakan infeksi corona yang telah dimulai sejak 2 tahun lalu.

Pada hari Minggu kemarin, Korut mencatatkan ada lebih dari 186.000 kasus demam yang diindikasi adalah infeksi virus corona.

Korut juga sangat terbatas terkait dengan informasi situasi penyebaran virus di sana dan diyakini bahwa negara tersebut memiliki jumlah alat tes yang terbatas.

Menurut Hayashi, jika lonjakan infeksi di Korea Utara dibiarkan strain mutan virus bisa saja kembali menyebar ke dunia.

Hubungan kedua negara antara Jepang dan Korea Utara sendiri memang buruk apalagi negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut sering kali menembakan rudal balistik ke perairan wilayah Jepang hingga membuat pemerintah Jepang geram.

Tak hanya itu, masalah seperti penculikan WN Jepang oleh Korut yang terjadi sejak tahun 1970-an tak selesai hingga saat ini juga jadi perkara utama hubungan buruknya antara Jepang dan Korea Utara.

Source : JT