Kasus Kembali Melonjak, Jepang Akan Segera Kembali Berlakukan Status Darurat di Osaka

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga memutuskan akan mengumumkan kembali pemberlakuan status darurat khusus di wilayah Osaka akibat lonjakan kasus yang tak terbendung.

Sementara itu, Tokyo masih belum diputuskan apakah akan kembali diberlakukan status darurat atau tidak meskipun Tokyo juga mengalami lonjakan virus yang cukup parah.

Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura mengatakan bahwa pemerintah setempat akan menutup berbagai fasilitas hiburan dan komersial dan beberapa tempat publik lain dan juga memperpendek jam operasional berbagai restoran dan bar yang memang beresiko meningkatkan penyebaran virus.

HIngga saat ini, artinya pemerintah akan memberlakukan deklarasi status darurat untuk ketiga kalinya semenjak dimulainya pandemi virus corona tahun lalu.

Meski begitu, Suga mengatakan bahwa status darurat ini tidak akan berdampak bagi penyelenggaraan Tokyo Olimpiade musim panas nanti akan tetap digelar.

Beberapa waktu sebelumnya, pemerintah setempat Osaka telah menyerukan kepada pemerintah pusat akibat angka penambahan virus corona yang terus melonjak sehinga diperlukan adanya pengetatan aktivitas seperti status darurat. Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura mengatakan bahwa status darurat diperlukan selama 1 bulan.

Meningkatnya kasus harian corona juga berdampak pada menipisnya kapasitas tempat tidur dan fasilitas medis di Osaka.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here