Kasus Melonjak, Jepang akan Batasi Rumah Sakit Hanya Untuk Pasien Covid Gejala Serius

Dalam beberapa hari terakhir, Jepang terus mencatatkan kasus harian corona yang tinggi. Bahkan pada Selasa (3/8/21) kemarin, Jepang mencatat adanya penambahan kasus corona nasional sebanyak 12.017.

Demi meringankan beban tenaga medis yang kewalahan akibat membludaknya pasien, PM Suga memutuskan agar rumah sakit hanya merawat bagi pasien corona dengan gejala yang sudah parah dan memiliki peningkatan resiko penyakit yang sudah parah.

Bagi pasien covid dengan gejala ringan akan direkomendasikan mengisolasi mandiri dan melakukan pemulihan di rumah dan jika gejala semakin parah bisa menghubungi dokter.

Hingga saat ini, pasien dengan gejala sedang dirawat di rumah sakit, sedangkan mereka yang ranpa gejala dan memiliki gejala ringan diminta dikarantina di sebuah hotel yang ditunjuk pemerintah dan di rumah masing-masing.

Pada kebijakan baru pemerintah Jepang akan memprioritaskan rumah sakit bagi pasien kritis yang membutuhkan oksigen atau pun pasien yang memiliki komorbid parah.

Pemerintah Jepang telah menetapkan ada 4 jenis pasien covid yakni ringan, sedang I, sedang II dan berat.

Kategori sedang I, merupakan pasien dengan gejala covid namun tidak membutuhkan oksigen sedangkan sedang II adalah pasien yang yang perlu mendapat oksigen. Pasien kategori berat, adalah mereka yang perlu mendapat perawatan intensif dengan memakai ventilator, oksigenasi dan perawatan intensif lain.

Source : JT