Kasus Menurun, Penasihat Pemerintah Jepang Katakan Puncak Gelombang ke 5 Virus Telah Berakhir

Pregnant woman wearing mask and using smart phone on street

Penasihat pemerintah Jepang Shigeru Omi mengatakan bahwa Jepang kini dalam posisi telah melewati puncak gelombang virus corona ke 5. Namun ia tetap memperingatkan bahwa sistem medis yang terbebani tetap perlu diawasi.

Dalam diskusi dengan dewan penasihat, Omi mengatakan bahwa saat ini Jepang telah meningkatkan kemajuan pesat dalam pemberian vaksin pada masyarakat hingga masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan.

Meski begitu, Omi juga tetap memperingatkan bahwa pandemi belum usai dan pelongaran pembatasan jangan dilakukan secara tergesa-gesa hingga memicu gelombang ke 6 penyebaran infeksi corona.

Selagi sistem medis yang masih tertekan dengan menerima pasien covid maka pemerintah Jepang akan terus memperpanjang status darurat hingga 30 September.

Saat ini, pemerintah Jepang sendiri tengah berupaya membentuk skema agar pembatasan virus corona bisa diperlonggar November mendatang.

Di bawah pembatasan status darurat, Jepang memberikan aturan terhadap sejumlah bisnis seperti bar, restauran dan juga acara publik yang tak boleh lebih dari 50% total kapasitas.

Source : JT