Kasus Semakin Meluas, 5 Operator Layanan E-money di Jepang Kena Bobol

Kasus pembobolan yang menimpa layanan pembayaran elektronik Docomo beberapa hari lalu kini meluas ke 5 layanan operator lainnya.

Setidaknya ada 17 kasus penipuan penarikan uang dengan total kerugian hingga 1,41 Juta yen atau Sekitar Rp 1,8 Milyar melalui pembayaran elektronik smartphone Paypay.

Layanan pembayaran elektronik lainnya meliputi  Line Pay, Tokyo Kyash, Wellnet, Merpay, Rakuten r-pay dan You me Card juga terkena  kasus serupa.

Kasus serupa yang pernah dialami Docomo dalam beberap hari lalu setidaknya telah memakan kerugian sekitar 26 Juta Yen atau sekitar Rp 3 Milyar yang melibatkan beberapa bank mitra seperti Japan Post Bank.

Menurut pihak bank, diyakini bahwa ada seseorang yang membuat akun palsu yang telah menautkan dengan akun nasabah di Japan Post Bank dan melakukan transfer dana yang bukan seharusnya.

Setelah kejadian itu, seluruh layanan e-money Docomo dihentikan sementara waktu demi keamanan. Pihak bank juga telah menangguhkan pendaftaran nasabah baru dalam beberapa hari kedepan untuk menyelidiki kasus ini lebih lanjut.

Pihak bank menghimbau kepada seluruh nasabah agar terus mengecek saldo mereka untuk mengecek apakah adanya penarikan yang tidak sesuai.

Badan Jasa Keungan Jepang juga ikut turun tangan dalam menyelidiki kasus ini dengan mengkonfirmasi kepada 77 operator layanan dana online agar tidak ada lagi terjadinya penarikan uang yang tidak sesuai.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here