Kembali Dikuasai Taliban, Jepang Evakuasi Seluruh Staf Kedutaan di Afghanistan ke Istanbul

Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan akan segera mengevakuasi dan memindahkan seluruh staf Kedutaan Besar di Afghanistan ke Istanbul sebagai tanggapan dari situasi keamanan yang memburuk usai Afghanistan yang kini dikuasai oleh kelompok Taliban.

Sebanyak 12 anggota staf kedutaan Jepang langsung diterbangkan ke Dubai sejak ditutupnya kantor kedutaan di Kabul Afghanistan hari Minggu (15/8/21).

“Demi mengamankan dan menjamin keselamatan warga Jepang adalah prioritas utama kami dan kami akan bekerja sama erat dengan negara-negara terkait termasuk Amerika dengan mempertimbangkan kepentingan nasional negara” ucap PM Yoshihide Suga.

Sejak hari Minggu kemarin, organisasi militan islam kembali menguasai Afghanistan usai 20 tahun diintervensi dan digulingkan kekuasan oleh pasukan Amerika.

Hingga kini, Istana Kepresidenan Afghanistan telah dikuasai oleh kelompok Taliban menyusul Presiden Ashraf Ghani yang diduga melarikan diri ke Tajikistan.

Pemerintah Amerika di bawah kekuasan Presiden Joe Biden telah resmi menarik seluruh pasukan mereka dari Afghanistan. Keputusan tersebut juga menuai kritik dari berbagai pihak karena dianggap membuat Amerika seolah-olah tak berdaya.

Menurut Biden, Amerika sudah lama mencapai tujuan awal dengan mengirim pasukan ke Afghanistan untuk menumpas kelompok militan al-Qaeda yang merupakan dalang dari serangan teror Osama bin Laden pada 11 September 2001.

Biden percaya Afghanistan mampu mengusir kelompok Taliban dari negaranya tanpa campur tangan Amerika.

Source : reuters