Kemenkes Jepang Setujui Penggunaan Vakin Booster pada Akhir Tahun Nanti

Pemerintah Jepang lewat Kementerian Kesehatan telah menyetujui penggunaan vaksin booster atau dosis ketiga akhir tahun ini.

Menurut ahli kesehatan menyetujui bahwa perlu adanya dosis ketiga yang diberikan menyusul kabar bahwa keefektifan vaksin akan menurun setidaknya setelah beberapa bulan setelah disuntik.

Vaksin booster ini kemungkinan mulai diberikan pada akhir November usai seluruh masyarakat Jepang telah menerima vaksin.

Menurut Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan bahwa dosis ketiga prinsipnya harus dari produsen vaksin yang sama tetapi akan diteliti lebih lanjut sebelum menarik kesimpulan.

Saat ini ada 3 vaskin yang digunakan di Jepang yakni Pfizer, AstraZeneca dan juga Moderna dan semuanya diberikan 2 dosis kepada masing-masing individu.

Pemerintah juga akan membahas lebih lanjut terkait dengan siapa prioritas yang akan mendapat vaksin dosis ketiga ini berdasarkan data dari negara lain.

Menurut produsen vaksin mengatakan bahwa suntikan dosis ketiga kemungkinan diperlukan untuk meningkatkan perlindungan imun menyusul banyak orang yang telah menerima dosis vaksin lengkap tetapi tetap terpapar virus corona.

Studi menunjukan bahwa antibodi vaksin akan menurun setelah menerima dosis kedua apalagi saat ini dengan adanya varian delta membuat keefektifan vaksin menurun dari waktu ke waktu.

Source : KN