Kementerian Kesehatan Jepang Mengkonfirmasi Kasus Pertama Infeksi Virus Corona Jenis Baru

Pemerintah Jepang lewat Kementerian Kesehatan telah mengkonfirmasi adanya kasus pertama dari varian baru virus corona yang berpotensi lebih menular dan menyebar. Varian baru virus corona ini dikabarkan telah menyebar di Inggris dan pemerintah Jepang telah menutup akses masuk WN Inggris.

Norihisa Tomura, Menteri Kesehatan Jepang mengatakan bahwa ada 4 pria dan 1 wanita berusia dibawah 70 tahun yang telah dinyatakan terpapar virus baru tersebut usai kedatangan mereka dari Inggris.

Kini 5 orang tersebut tengah dipantau tenaga kesehatan di hotel karantina yang sudah disediakan oleh bandara.

Setelah pulang dari Inggris beruntungnya 5 orang tersebut belum berkontak dekat dengan orang lain saat kembali ke Jepang dan langsung masuk karantina.

“Kami akan melakukan segala cara untuk bisa menghilangkan resiko menyebar ke seluruh Jepang” kata Menteri Kesehatan Norihisa.

Kepala Institut Nasional Penyakit Menular Takaji Wakita mengatakan bahwa kasus pertama ini diyakini tidak menyebar di Jepang karena tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan bertindak dengan cepat.

Sejak dikonfirmasi adanya jenis baru virus corona dari Inggris tersebut, pemerintah Jepang sendiri telah memberlakukan pelarangan masuk dari warga negara Inggris. Hal ini dilakukan pemerintah demi mencegah penularan virus jenis baru.

Selain itu, pemerintah Jepang juga telah meminta kepada seluruh warga asing yang telah memasuki Jepang untuk mengunduh aplikasi pelacakan jika terjadi infeksi akan memudahkan tenaga kesehatan untuk bertindak.

Kini beberapa negara lain juga telah memberlakukan pembatasan akses dari Inggris yang diyakini asal penyebaran jenis baru virus tersebut.

Pejabat kesehatan Inggris mengatakan virus jenis baru ini tengah diteliti lebih lanjut dan hingga kini belum ada penelitian mengenai virus ini lebih mematikan dari virus corona yang saat ini menjadi pandemi di dunia.

Selain Jepang, varian baru virus ini telah dikonfirmasi oleh negara Australia, Denmark, Italia, Belanda dan Afrika Selatan.

Pemerintah akan terus berkoordinasi dengan tenaga kesehatan demi mencegah penularan virus jenis baru ini.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here