Kepolisian Jepang Mulai Gunakan Facial Recognition Untuk Identifikasi Kejahatan Kriminal

Kepolisian Jepang telah mulai menggunakan sistem pengenalan wajah yang dapat mengindentifikasi pelaku kejahatan kriminal dengan memanfaatkan kamera cctv di setiap sudut kota.

Sistem canggih ini sebenarnya telah dimulai sejak Maret lalu. Namun sistem kepolisian ini sempat mendapat kritik dari kritikus bahwa sistem semacam ini akan mengganggu privasi masyarakat.

Kritikus mengatakan bahwa sistem ini harus dijaga dengan ketat jangan sampai disalahgunakan.

Namun hal tersebut dibantah oleh pihak kepolisian karena mereka menggunakan sistem tersebut hanya untuk kepentingan penyelidikan.

“Kami menggunakan sistem ini hanya untuk kepentingan penyelidikan perbuatan kriminal serta orang yang melanggar hukum” kata seorang pejabat senior kepolisian Jepang.

Sistem pintar ini akan bisa membaca wajah sehingga polisi akan semakin mudah dalam menangkap pelaku.

Pengenalan wajah tersebut akan dicocokan dengan data pribadi milik pelaku yang mencakup nama, alamat, umur, serta riwayat kejahatan yang pernah dilakukan.

Sistem canggih ini tentu akan memudahkan polisi agar bisa bergerak lebih cepat dalam menangkap pelaku kejahatan yang tentunya akan berdampkan pada keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam berakitivitas.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here