Keren! Ilmuan Jepang Kembangkan Vaksin Corona Dalam Bentuk Semprotan

Vaksin kini menjadi salah satu elemen penting bagi umat manusia yang hidup di zaman pandemi corona demi meningkatkan imunitas hingga lebih tahan terhadap virus corona.

Namun masih banyak orang yang enggan untuk menerima vaksin terlebih bagi mereka yang takut akan jarum suntikan karena pernah mengalami trauma.

Hal tersebut ternyata menjadikan sebuah peluang bagi peneliti di Universitas Mie yang mengembangkan vaksinasi tanpa perlu menggunakan jarum suntik.

Profesor Tetsuya Nozaka  dari pengendalian penyakit menular mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan alat agar vaksinasi bisa dilakukan dengan semprotan yang disemprotkan ke hidung kita.

“Vaksin bisa disemprotkan melalui kedua lubang hidung dan menghasilkan antibodi yang sesuai” ucap Profesor Tetsuya.

Menurut Profesor Tatsuya, vaksin yang telah dikembangkan sejak Maret 2020 ini setidaknya mampu disimpan hingga 6 bulan dan mungkin saja vaksin ini bisa digunakan sebagai dosis tambahan atau booster yang kini tengah dipertimbangkan pemerintah Jepang.

Meski begitu, menurut Profesor Tatsuya setidaknya memerlukan biaya hingga 10 Milyar yen agar vaksin dalam bentuk semprotan ini  bisa dikomersilkan. Menurutnya vaksin tersebut juga bisa digunakan di luar Jepang dan berharap agar vaksin model ini bisa digunakan dalam 2 tahun kedepan.

Harapan Profesor ini juga mendapat respon positif dari para warganet yang mendukung cara baru dalam vaksinasi tersebut.

Meski begitu, hal ini masih akan menjadi PR besar bagi Profesor Tetsuya dan kawan-kawan agar bisa meyakinkan bahwa vaksin dengan metode baru ini bisa menjadi solusi dengan tidak mengurangi kadar keefektifannya pemberian vaksin kepada masyarakat umum.

Source : SN24