Keren Jiwa! Pabrikan Otomotif Jepang Bikin GPS Navigation System di Sepatu! Untuk Apa Sih?

Apa yanga ada di benak kalian ketika mendengar kata Honda?  Ya pastilah yang terpikir adalah sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai produk otomotif.

Honda memang salah satu perusahaan Jepang yang telah menjadi raja otomotif dan menguasai pasar otomotif dunia.

Tak ingin berhenti berinovasi, perusahaan tersebut kini mengembangkan sebuah alat yang bernama Ashirase untuk menjadikan kaki kita sebagai penunjuk jalan.

Wow, gimana cara kerjanya ya? sebenarnya cukup simple, alat tersebut dijepitkan ke kaki kita ketika memakai sepatu, nantinya alat ini akan disambungkan ke smartphone untuk mendapatkan data maps dan tempat tujuan yang kita inginkan.

Sistem akan membaca data peta di smartphone dan diubah menjadi getaran..Alat ini akan memberikan kita petunjuk arah dengan mengeluarkan sebuah getaran yang berbeda-beda.

Misal saja jika kita diharuskan belok ke kiri, maka alat ini akan memberikan getarandi bagian kiri kaki kita. Begitu juga sebaliknya, jika maps menunjukan belok ke kanan maka si alat akan bergetar di kaki bagian kanan kita.

Uniknya lagi adalah, alat ini bisa memberikan sinyal bagi kita jika harus berhenti dengan rasa getaran yang berbeda sehingga kita akan mengetahui bahwa kode getaran tersebut adalah menyuruh untuk berhenti.

Jika kita menganggap bahwa alat ini tidak begitu berguna apalagi sebenarnya tanpa alat ini pun kita sudah bisa mendapat petunjuk arah langsng dari smartphone kita, namun alat ini sebenarnya dirancang untuk para kaum tunanetra.

Alat ini tentu akan membantu para kaum disabilitas yang beraktivitas di luar ruangan. Ashirase bisa menjadi alat untuk pengganti tongkat yang biasa dipakai tunanetra untuk berjalan di tempat umum.

Kabarnya, alatini masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut dan rencananya Honda akan menggait beberapa perusahaan untuk mengembangkan bersama alat ini agar bisa dipakai para tunanetra.

Source : Honda