Keren Jiwa! Taxi Autonomus Hasil Kerja Sama Nissan x Docomo Melintas di Yokohama

Sudah bisa diterawang jika di masa depan nanti akan banyak sekali mobil yang lalu lalang tanpa dikendalikan oleh supir. Saat ini saja berbagai produsen otomotif sedang berlomba mengembangkan teknologi self driving.

Satu kemajuan baru diperkenalkan hasil kerja sama antara produsen otomotif Jepang Nissan Motor dan perusahaan telekomunikasi Jepang Docomo yang berhasil menguji coba layanan taxi otonom yang dipesan melalui smartphone.

Penumpang nantinya bisa memesan taksi lewat smartphone dan sistem secara canggih akan membaca dan menghampiri penumpang di lokasi penjemputan secara otomatis.

“Kami ingin menjadi solusi bagi kondisi kehidupan nyata yang harus diselesaikan dengan  teknnologi” ucap Kazuhiro Doi Presiden Direktur Nissan.

Kombinasi antara teknologi self driving dengan AI untuk mengenali kondisi lalu lintas menjadikan salah satu pengalaman baru penumpang dapat memudahkan menggunakan layanan taxi.

Ujicoba ini dilakukan seluas 2 kilometer persegi, dengan 23 titik poin penjemputan penumpang dan taxi secara otomatis mengirimkan armada pada kendaraan terdekat dengan penumpang.

Lebih dari 20 kamera dengan AI disematkan pada mobil taxi ujicoba ini demi menghindari kecelakaan lalu lintas yang tak diinginkan.

Tak hanya itu, penumpang jua bisa membuka pintu mobil, memeriksa tingkat baterai, menentukan titik penurunan semua bisa dilakukan pada smartphone mereka.

Layanan taksi otonom ini akan terus dikembangkan hingga bisa dipakai masyarakat secara luas yang belum diketahui hingga kapan.