Keren Parah! Mini Market di Jepang Family Mart Pakai Robot Super Canggih Untuk Stok Display Minuman

TX SCARA robot works, stocking drinks in the refrigerated section of a FamilyMart convenience store in Tokyo, Friday, Aug. 26, 2022. The robot can restock shelves with up to 1,000 bottles and cans a day. (AP Photo/Yuri Kageyama)

Teknologi canggih yang membantu umat manusia di masa depan kini satu persatu telah muncul di dunia nyata dengan segudang inovasi yang dilakukan manusia.

Jepang pastinya sudah terkenal dengan inovasi teknologi.

Salah satu minimarket di Jepang yakni Family Mart yang bekerja sama dengan perusahaan startup robotik Telexistence bekerja sama sehingga menghasilkan inovasi teknogi yang bisa diterapkan dalam usaha minimarket.

Robot ini diberi nama TX Scara yang berfungsi membantu petugas manusia untuk restocking barang display minuman di minimarket secara otomatis. Dengan tangan mekanisnya, robot ini mampu menata setiap minuman dengan rapih.

Kecerdasan buatan dan kamera sebagai matanya yang disematkan pada robot ini membuatnya bisa memfilter jenis minuman yang berbeda.

Sebenarnya tidak hanya pada produk display di dalam kulkas, robot ini juga mampu untuk restocking barang lain seperti makanan ringan, minuman dan berbagai item yang dijual di minimarket.

Pada 1 Minimarket Jepang setidaknya ada sebanyak 3000 jenis produk yang harus kembali direstock dan pekerja harus memastikan tidak ada barang display yang kosong. Kekurangannya tenaga kerja di Jepang membuat pekerja manusia kewalahan berlarian bolak-balik.

TX Scara adalah jawaban bagi para pengusaha minimarket untuk mengatasi hal tersebut.

Menurut petinggi Telexistence yang mengembangkan TX Scara mengatakan bahwa mengotomatisasi pekerjaan yang harus dilakukan berulang kali hingga membuat membosankan bagi manusia adalah arah yang mereka tuju dengan hadirnya teknologi dan cara terbainya adalah menggunakan robot ini.

Gimana Guys? keren ya!

Source : family mart