Keren! Peneliti dari Jepang Berhasil Temukan Cara Agar Sperma Tikus Bisa Dikirim Lewat Pos!

Kabar ini mungkin menjadi sebuah kabar yang menggembirakan bagi para peneliti di dunia karena saat ini telah ditemukan cara agar sampel sperma tikus dapat dikirim tanpa perlu prosedur pengiriman bahan organik.

Peniliti dari Universitas Yamanashi Jepang telah berhasil mengembangkan cara untuk membekukan ejakulasi hewan di antara lembaran plastik tipis dan menempelkannya dalam kartu pos sehingga sample sperma tersebut dapat bertahan ketika dikirim ke tempat penilitian lain.

Hingga saat ini, pengiriman sampel sperma tikus membutuhkan cara yang belibet dengan harus membutuhkan lingkungan yang membekukan seperti nitrogen.

Salah satunya yakni Profesor Teruhiko Wakayama, merupakan salah satu tim yang berhasil mengeringkan sperma mamalia ke stasiun luar angkasa untuk mempelajari efek radiasi di luar angkasa.

Awalnya, sampel sperma tersebut harus disimpan dalam sebuah botol kaca yang mudah pecah dan ketika sampai seringkali sampel tak bisa digunakan.

Dengan metode baru ini, meskipun perlu disimpan dalam suhu -30 derajat, tim peneliti menemukan cara agar sampel bisa bertaham hingga 3 hari lamanya untuk dikirim ke pusat penelitian selanjutnya.

Menurut peneliti senior dari makalah ini, penelitian semacam ini memungkinkan di masa depan dimana sperma manusia dapat bermigrasi untuk berkembang di planet lain yang mungkin saja terjadi di masa depan.

Mereka mengatakan bahwa sumber daya genetik adalah aset berharga bagi kehidupan masa depan umat manusia.

Dengan adanya metode baru ini, akan memudahkan penelitian pengawetan sampe dengan ketahanan dari kerusakan yang baik serta lebih sedikit membutuhkan penyimpanan yang merepotkan.

Source : JT