Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang, Laos Akan Buat Pembangkit Listrik Tenaga Angin Terbesar di Asia Tenggara

Mitsubishi Corp, perusahaan industri asal Jepang dikabarkan akan segera mengembangkan pembangkit listrik tenaga bayu di Laos yang disebut-sebut akan menjadi PLTB terbesar di Asia Tenggara.

Energi listrik yang dihasilkan nantinya akan dijual ke negara tetangganya yakni Vietnam demi memenuhi kebutuhan energi listrik Vietnam.

Pembangunan PLTB ini diperkirakan akan menghasilkan energi listrik mencapai 600 megawatt dan akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Tentunya, listrik yang dihasilkan nanti akan membuat perputaran ekonomi hingga bernilai ratusan juta dolar.

Vietnam sendiri memang telah berkembang pesat sejalan dengan pertumbuhan ekonominya sehingga membutuhkan tenaga listrik untuk digunakan dalam berbagai industri.

Tenaga dari batubara dan air masing-masing menyumbang sekitar 40% kebutuhan listrik di Vietnam Namun karena ada berbagai kendala seperti musim kemarau, penggunaan PLTA sebagai sumber listrik di Vietnam menurun drastis.

Apalagi dengan wacana PBB yang mendorong agar negara di dunia meninggalkan penggunaan batubara sebagai sumber energi, menjadikan PLTB ini salah satu solusi yang terbaik.

Source : AN