Kiku no Gomon, Bentuk Bunga yang Menjadi Lambang Negara Jepang

Jika kamu pernah melihat paspor yang dimiliki orang Jepang maka sudah tak akan asing dengan sebuah lambang berwarna kuning dan berbentuk bunga seperti gambar di atas.

Jika di Indonesia sendiri, lambang negara berbentuk burung garuda yang sedang memegang tulisan  Bhinneka Tunggal Ika pada kakinya. Maka di Jepang bunga berwarna kuning tersebut disebut dengan Kiku no Gomon.

Secara harfiah, Kiku no Gomon sendiri berarti “Lambang Negara Krisantemum”. Lambang negara ini juga biasa disebut dengan “Kikumon”.

Lambang ini sebenarnya telah dipakai sejak era Meiji, dimana dibawah konstitusi Meiji lambang ini dipakai untuk lambang keluarga kaisar dan hanya Kaisar yang diperbolehkan memakai lambang tersebut.

Sebenarnyam dari sudut pandang sejarah, bunga krisan atau yang menjadi simbol kekaisaran tersebut telah melekat dalam keluarga kaisar Jepang sejak sektar 710 masehi.

Konon kabarnya bunga krisan adalah bunga yang diimpor dari bangsa Tiongkok ke Jepang yang digunakan sebagai ramuan dan obat-obatan. Bunga tersebut akhirnya populer pada keluarga kaisar dan dibudidaya hingga diadopsi menjadi sebuah lambang kekaisaran Jepang.

Hingga akhirnya, pemerintah Jepang menetapkan simbol yang menjadi lambang kekaisaran tersebut menjadi lambang negara Jepang.

Jika saat ini kita bisa menemukan lambang tersebut pada paspor atau pun uang koin Jepang dan juga institusi kenegaraan Jepang.