Korea Selatan akan Bawa Masalah Ekspor dengan Jepang ke Organisasi Perdangan Dunia WTO

Korea Selatan mengatakan pada hari Selasa (2/6/2020) bahwa akan melanjutkan keluhan mereka kepada WTO (World Trade Organization) terkait pembatasan perdagangan antara Jepang dan Korea.

Kementrian perdagangan, Industri dan Energi Korea telah memberikan lenggang waktu atas seruannya untuk menarik pembatasan ekspor Jepang.

Menteri luar negeri Jepang Toshimitsu Motegi  mengecam aksi tersebut karena dinilai dilakukan secara sepihak dan tidak melalui persentujuan antara  2 negara terlebih dahulu.

Perselisihan ini kian membingungkan karena serangkaian putusan pengadilan di Korea Selatan yang memerintahkan perusahaan-perusahaan Jepang untuk memberikan kompensasi terhadap Korea atas kerja sama paksa di masa perang.

Pada bulan Juli tahun lalu Jepang telah memperketat aktivitas ekspor ke Korsel untuk mengirim chip dan panel layar ke negara tersebut.

Pada bulan September setelah itu Korea Selatan membawa masalah ini ke WTO untuk mengklaim kebijakan yang diperketat yang didasarkan pada pertimbagan politik.

Pada September kedua negara sepakat untuk menyelesaikan masalah terkait ekspor dan impor ini. Pada pertengahan Mei, kementrian Korea Selatan mengatakan bahwa pihaknya telah mengatasi kekahawatiran yang diberlakukan pemerintah Jepang dan akan mengkomunikasikan keputusan itu.

 Namun karena dinilai tidak ada perkembangan lebih lanjut, Korea Selatan ingin agar masalah ini diselesaikan dengan WTO.

Menteri luar negeri Jepang menegaskan bahwa Korea perlu untuk melakukan kontrol terhadap kebijakan ekspornya agar mempermudah Jepang untuk melakukan kegiatan ekspor tersebut.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here