KTT Trilateral Jepang, Korea Selatan dan China Kemungkinan Tidak Akan Digelar Tahun Ini

Konferensi Tingkat Tinggi Trilateral yang mencakup negara Jepang, Korea Selatan dan China kemungkinan besar tidak akan diadakan tahun ini.

Konferensi tersbeut biasa diadakan 1 tahun sekali sejak 2008 lalu dan Korea Selatan seharusnya dijadwalkan menjadi tuan rumah dalam pertemuan ketiga negara tahun ini.

KTT ini biasanya membahas mengenai kerja sama ekonomi serta berbagai isu regional yang mencakup penyelesaian kompensasi tenaga kerja Korea Selatan dan Jepang yang tak kunjung usai serta penyelesaian terhadap sengketa yang melibatkan negara-negara tersebut.

Namun dalam beberapa sumber mengatakan bahwa PM Suga memberikan pengumuman bahwa ia tidak akan hadir jika Korea Selatan tidak ada progres dalam penyelesaian mengenai kompensasi tenaga kerja yang tak kunjung selesai selama bertahun-tahun.

Sebelumnya, Jepang dan Korea Selatan memanas usai pengadilan Korea Selatan yang menjatuhkan putusan kepada perusahan Nippon Steel untuk membayar kompensasi tenaga kerja Korsel di masa perang dulu. Namun Jepang bersih keras bahwa masalah tersebut telah diselesaikan dalam perjanjian bilateral tahun 1965.

Dalam disukusi melalui telepon beberapa waktu lalu, PM Jepang Yoshihide Suga telah memberikan kebebasan pada Presiden Moon untuk mengambil langkah demi kembalinya hubungan yang konstruktif antara Jepang dan Korea Selatan.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here