Kuil Meiji, Tempat Sembayang Orang Jepang Demi Mendapat Pengharapan Lebih Baik di Tahun Baru

Saat tahun baru tiba, ada banyak sekali perayaan yang biasa dilakukan orang Jepang demi mendapat pengharapan yang baik di tahun yang baru. Tak sedikit bagi mereka yang berkunjung ke kuil untuk berdoa kepada dewa demi meminta pengharapan.

Salah satu lokasi yang biasa dijadikan tempat sembayang di Tokyo yang paling terkenal dadalah kuil Meiji di Shibuya Tokyo Jepang.

2 Kuil ini biasanya akan dipenuhi warga mulai dari tanggal 29 Desember hingga 4 Januari. 2 Kuil ini juga akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali sebelum pergantian tahun tiba.

Pembunyian lonceng tersebut merupakan sebuah simbol dari kepercayaan setempat untuk melepaskan dari hasrat godaan duniawi yang menyebabkan manusia menderita dan sengsara.

Setelah itu, masyarakat Jepang akan mengambil sebuah lidi yang disebut dengan omikuji dan menerima ramalan tertulis di tempat suci tersebut. Menurut kepercayaan setempat omikuji dapat menunjukan seseorang akan  beruntung atau kesialan di tahun yang baru.

Bagi mereka yang mendapat ramalan sial biasanya akan digantung di sebuah tempat tertentu demi menghindari kesialan tersebut. Namun bagi kamu yang beragama tidak disarankan untuk mengikuti dan mendalami ritual karena menyimpang dari ajaran agama kita.

Tak hanya itu, saat malam pergantian tahun, warga juga akan berkumpul bersama untuk melihat terbitnya matahari pagi pertama di tahun baru dengan meriah.

Kuil ini bisa jadi tempat yang bisa kamu kunjungi saat tahun baru.

Source : meijijingu