Kunjungan ke Tokyo, Menhan Indonesia Prabowo Subianto Perkuat Hubungan Pertahanan dengan Jepang

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto melakukan sesi kunjungan kerja ke Tokyo pada Minggu (28/3/21) kemarin untuk menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi dan membahas serangkaian kerjasama pertahanan militer.

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara juga membahas mengenai ketegangan militer Tiongkok terutama di Laut China, dan kedua negara sepakat bahwa mereka sangat menentang terhadap perlakuan China yang dapat meningkatkan ketegangan dengan berbagai negara di kawasan Asia.

Saat bertemu dengan media, Menteri Nobuo Kishi menjelaskan bahwa Indonesia dan Jepang siap mendesak China agar menajhan diri dari upaya sepihak yang mengubah status quo yang dapat memicu ketegangan negara terutama di wilayah Laut China Timur dan Selatan.

Kishi juga menjelaskan bahwa nantinya akan ada latihan bersama dengan militer Indonesia di Laut China Selatan yang juga sebagai pendekatan hubungan bilateral antara kedua negara.
Saat ditanya oleh media tentang Myanmar, Kishi menjelaskan bahwa Jepang dan Indonesia siap membantu untuk pemulihan pemerintahan Myanmar yang demokratis.

Setelah ini, Menteri Prabowo dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang pada Selasa besok untuk membahas serangkaian kerjasama bilateral lainnya.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here