Kunjungan Kerja ke Jepang, Indonesia Dapat Suntikan Investasi Mistubishi Bernilai Trilyunan Rupiah

Kunjungan hari pertama Menteri Perindustrian Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita ke Jepang, dikakabarkan membuahkan hasil manis dengan berhasil menarik investasi dari 2 perusahaan Top industri Jepang yakni ASICS dan Mitsubishi Corporation.

Menteri Agus Gumiwang diagendakan akan melakukan 4 pertemuan diantaranya bertemu dengan petinggi ASICS, asosisasi bisnis Keidanren, Japan External Trade Organization (JETRO) dan juga produsen otomotif Mitsubishi Corp.

Kunjungan Menperin ini untuk mendorong realisasi komitmen investasi pada sektor manufaktur, otomotif dan petrokimia di Indonesia.

Menteri Perindustrian juga menyempatkan bertemu dengan Menteri Revitalisasi Ekonomi yang juga bertanggung jawab atas penanggulangan virus corona di Jepang Menter Yasutoshi Nishimura.

Menperin membeberkan hasil pertemuan dengan berbagai industri seperti Mitsubishi Corp yang berkomitmen menambah dana investasi sebesar Rp 11,2 Trilyun pada akhir 2025, dan juga proyeksi peningkatan kapasitas produksi mobil dari 220 ribu uni menjadi 250 ribu unit. Selain itu Mitsubishi juga akan mengembangkan 2 mobil elektrik (EV).

Pertemuan dengan produsen sepatu Jepang ASICS, Menperin mengatakan bahwa ASICS berkomitmen akan mengembangkan produksi di Indonesia diantaranya di berbagai wilayah seperti Cirebon, Jawa Tengah, dan Tegal mulai pada Januari 2022. Perusahaan tersebut juga akan merelokasi fasilitasnya dari China ke Indonesia.

Dalam pertemuan dengan Keidanren dan JETRO, Menperin menjelaskan bahwa kemudahan usaha di Indonesia telah di dukung pemerintah Indonesia dengan penyederhanaan aturan di undang-undang cipta kerja.

“Mereka menanggapi bahwa UU Cipta Kerja penting meningkatkan kepercayaan diri para investor dan calon investor. Dengan ini, kemudahan usaha di Indonesia akan jauh lebih baik” kata Menteri Agus Gumiwang di keterangan tertulis yang diterima di Jakarta Kamis 11 Maret 2021.

Source : kemenperin, tempo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here