Kunjungi Amerika, PM Jepang Yoshihide Suga Diskusi dengan Biden Terkait Ketegangan dengan China

Perdana Menteri Yoshihide Suga tiba di Amerika pada Jumat (16/4/21) kemarin. Suga bertemu dengan presiden AS Joe Biden untuk membahas serangkaian kerjasama pertahanan dengan AS yang juga mencakup ketegangan dengan China di Laut China Selatan dan Timur.

PM Suga juga menjadi orang pertama yang diundang ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Biden sejak ia menjabat Januari lalu.

“Kami adalah negara demokrasi penting di wilayah kawasan Indo-pasifik dan kerjasama kami sangat penting untuk menghadapi berbagai tantangan dan memastikan masa depan kawasan agar tetap bebas, terbuka dan sejahtera” ucap Biden dalam konferensi pers usai pertemuan bilateral.

Suga juga membuka suara dengan menegaskan bahwa hubungan bilateral mereka sangat kuat, dan hubungan tersebut sekarang lebih kuat dari sebelumnya.

Berbagai masalah yang mencakup ketegangan dengan China di kawasan maritim Laut China Selatan dan Timur serta tekanan mliter China terhadap Taiwan serta ancaman rudal Korea Utara tak luput dari pembahasan kedua pemimpin negara.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here