Lebih dari 40% Perusahaan Jepang Mendiversifikasi Rantai Pasokan demi Mengurangi Ketergantungan Terhadap China

Lebih dari 40% perusahaan Jepang yang memakai teknologi dan rantai pasokan dan memindahkan basis manufaktur mereka demi mengurangi ketergantungan pada negara Tirai Bambu tersebut.

Langkah ini juga dilakkan seiring dengan meningkatnya persaingan AS dan China atas supremasi teknologi dan kekhawatiran mengenai kemanan data yang bisa bocor.

Dilansir dari survey Kyodonews, sebanyak 40% atau sebanyak 42 perusahaan dari 96 perusahaan telah mendiversifikasi rantai pasokan dari China untuk mulai pundah ke India dan negara kawasan Asia Tenggara.

Responden perusahaan yang meliputi perusahaan raksasa teknologi seperti Canon Inc, Toyota Motor Corp, KDDI Corp, Nec Corp, Kobe Steel Ltd, Mitsubishi Heavy Industri dan berbagai sektor industri lain juga ikut dalam survey ini dan dikabarkan telah menerapkan langkah ini.

Pemerintah Jepang sendiri juga telah mendesak agar para pelaku bisnis memindahkan basis produksi mereka di China demi menghindari resiko kebocoran data atau hal yang tidak diinginkan lainnya.

Meski begitu, tidak semua perusahaan di Jepang bisa mengurangi ketergantungan pasokan dari China hingga 100%. Sebanyak 6 responden perusahaan tidak mengambil tindakan ini dan beberapa responden lain masih akan melakukan penelitian lebih lanjut terkait peraturan ekspor dan impor dari Jepang dan AS.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here