Ledek Berbagai Negara Termasuk Indonesia di Pembukaan Tokyo Olimpiade, Stasiun TV Korea Selatan Minta Maaf

Munhwa Broadcasting Corporation atau MBC, sebuah perusahaan stasiun televisi asal Korea Selatan secara resmi meminta maaf akibat dianggap menyindir sejumlah negara di pebukaan Tokyo Olimpiade beberapa waktu lalu.

MBC menyiarkan langsung pembukaan Tokyo Olimpiade pada 23 Juli lalu dengan merepresentasikan menggunakan foto dan caption yang dianggap rasis ketika beberapa kontingen negara muncul di parade pembukaan Olimpiade.

Stasiun televisi Korea Selatan tersebut menuai kecaman usai dianggap rasis dan tak pantas seperti pada saat kontingen Ukraina yang memasuki parade dengan menempatkan foto kecelakaan nuklir Chernobyl.

Tak hanya itu, MBC juga menggambarkan Suriah sebagai negara yang memiliki perang saudara telah terjadi selama 10 tahun bahkan menyindir salah satu kepualan marshal pernah jadi situs ujicoba senjata nuklir Amerika.

Saat kontingen China muncul, MBC juga membuat caption yang berkesan menyindir foto peta Wuhan sebagai asal permulaan covid-19.

Indonesia pun tak luput dari ledekan MBC tersebut dengan menampilkan sebagai negara dengan GDP yang rendah, kasus covid yang tinggi, vaksinasi rendah, dan negara urutan ke 4 terpadat di dunia.

Permintaan maaf pun langsung dilayangkan oleh Presiden Direktur MBC Park Sung Je sambil membungkuk atas kontroversi yang terjadi.

Source : koreanherald, viva