Makin Anjlok, Yen Sentuh 1 JPY = Rp 106 Jepang Janji Akan Ambil Langkah Terbaik Untuk Meminimalisir Dampak

Gejolak pergerakan nilai tukar yen terhadap mata uang asing kian mengkhawatirkan pasalnya tidak hanya pada rupiah tetapi juga pada mata uang lain terutama dolar AS.

Bahkan, The Fed yang terus menerus menaikan suku bunga acuan membuat yen melemah merosot hingga terburuk dalam 24 tahun.

Menurut Pemerintah Jepang pada Jumat kemarin mengatakan bahwa pemerintah akan siap mengambil tindakan cepat dan terbaik demi meminimalisir dampak depresiasi yen.

Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah ketat mengawasi pergerakan valuta asing dengan sangat hati-hati.

Kenaikan suku bunga agresif daripada The Fed Amerika menjadi pemicu menurunnya nilai tukar yen terhadap mata uang asing sementara Bank sentral Jepang tetap enggan untuk mengubah kebijakan suku bunga.

The Fed diperkirakan akan terus menaikan suku bunga yang akan terus memberikan pukulan bagi yen.

Pelemahan nilai tukar yen sendiri menjadi pedang bermata dua dimana situasi semacam ini menguntungkan bagi eksportir yang memiliki keuntungan di luar negeri namun di satu sisi meningkatkan biaya impor dan bahan baku rantai pasokan lain.

Juru Bicara Pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno menegaskan bahwa pergerakan mata uang harus stabil karena mencerminkan fundamental ekonomi negara.

Menurut para analis pasar mata uang, penurunan nilai tukar yen mungkin saja dapat lebih parah dengan dilihat dari fokus data ekonomi AS menjadi patokan suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Sentral The Fed.

Source : KN