Makin Canggih! Jepang Kini Andalkan Drone untuk Kirim Barang ke Pemukiman di Pegunungan

Sebuah Drone telah berhasil diujicoba di Shimane Jepang Barat untuk mengantarkan barang ke wilayah pemukiman pegunungan yang sulit dijangkau kurir pengiriman.

Hasil ujicoba ini merupakan hasil ujicoba dari salah satu perusahaan pengiriman terbesar Jepang Sagawa Express Co. Rencananya, penggunaan drone untuk pengiriman barang ini akan dilakukan massal pada 2022 mendatang.

Pengujian ini dilakukan di pemukiman yang sulit di jangkau karena aksesnya dan medan lokasi yang sulit dijangkau oleh mobil pengiriman dan juga tenaga manusia.

Drone tersebut diujicoba dan berhasil terbang sejauh 6,4 kilometer dengan muatan sebesar 2 kg dan terbang 100-120 meter di atas permukaan sungai.

Sebelum diterbangkan, Drone ini akan diprogram oleh Eams Robotics Co agar Drone bisa terbang sesuai dengan tujuan pengiriman. Drone ini juga bisa dikendalikan oleh operator dari jarak jauh.

Nantinya, pengiriman logistik menggunakan Drone ini akan sangat berguna bagi pemukiman yang dihuni kebanyakan lansia. Bagi para lansia, berbelanja dan beraktivitas akan sangat menyulitkan. Untuk itulah Drone ini akan membantu mengirimkan barang belanjaan hingga sampai ke rumahnya.

Selain itu, menurut Sagawa, Drone ini juga berfungsi untuk menggantikan peran manusia mengingat saat ini, tenaga kurir pengemudi terus berkurang.

Drone ini juga bisa menjadi andalan saat terjadi bencana untuk mengirimkan barang bantuan ke lokasi bencana yang biasanya sulit mendapat akses jalan jika dikirim secara manual.

Source : mainichi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here