Makin Canggih! Toyota Resmi Rilis Mirai Generasi 2 Berbahan Bakar Hidrogen

Toyota Motor Corp secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya telah meluncurkan mobil berbahan bakar hidrogen yakni Mirai generasi kedua dan peningkatan efisiensi di segala sektor.

Toyota Mirai, dibekali dengan 2 tangki yang mampu menampung bahan bakar hidrogen diklaim dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar hingga jangkauan 850km. Angka ini diklaim oleh Toyota 30% lebih baik dari generasi sebelumnya yang hanya mampu menempuh jarak 650km saja.

Kabarnya, mobil ini akan segera diproduksi masal dan dijual dengan harga 7,4 Juta yen atau sekitar Rp 800 Juta

CTO Toyota Mashiko Maeda mengatakan mobil Mirai akan menjadi titik awal penggunaan bahan bakar hidrogen secara penuh.

FCV yang ditenagai oleh listrik yang dihasilkan antara reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen akan mengeluarkan tenaga pada mobil yang tidak menghasilkan karbon dioksida. Bahan bakar ini tentunya lebih ramah lingkungan ketimbang penggunaan bensin.

Sayangnya pengembangan mobil berbahan bakar hidrogen ini masih mendapat kendala mengingat terbatasnya pilihan kendaraan yang bisa dipilih konsumen serta ketersedian hidrogen di pengisian bahan bakar hidrogen yang masih belum memadai.

Namun Toyota yakin bahwa mobil berbahan bakar hidrogen ini menjadi salah satu pilihan di masa depan untuk mengurangi emisi global.

Pesaing Toyota yakni Honda Motor Corp dikabakan juga tengah mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen miliknya sendiri.

Toyota yakin bahwa perkembangan mobil hidrogen kedepannya bisa membantu mewujudkan impian pemerintah Jepang yang ingin mengurangi emisi karbon hingga 80% pada tahun 2050.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here