Makin Mesra! Pemerintah RI Gandeng Jepang untuk Tingkatkan Kualitas SDM Dalam Negeri di Bidang Otomotif

Demi mendorong kualitas SDM di tanah air khususnya dalam industri otomotif, pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan Jepang untuk memacu daya saing dan inovasi industri otomotif yang semakin kompetitif.

Menurut Menteri Perindustrian Indoensia Agus Gumiwang mengatakan bahwa industri otomotif salah satu sektor penting dalam Making Indonesia 4.0 yang mendapat prioritas pengembangan.

“Pemerintah Jepang dan Indonesia telah berkolaborasi dalam program penguatan sistem rantai pasokan tingkat 2 dan 3 yang akan mendukung bidang SDM di bidang industri otomotif” ucap Menteri Agus.

Demi menyambut era Industri 4.0, Indonesia harus bersiap-siap salah satunya dengan membuat sumber daya manusia dalam negeri yang terampil hingga bisa membuat Indonesia turut bagian dalam 10 negara ekonomi terkuat dunia di tahun 2030 nanti.

Saat ini saja di Indonesia telah terdapat 21 industri kendaraan bermotor dengan nilai investasi hingga Rp 71 Trilyun yang bisa menyerap tenaga kerja hingga 38 ribu orang dan lebih dari 1,5 juta orang bekerja di rantai pasokan industri kendaraan bermotor.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan hubungan Indonesia dan Jepang akan semakin dekat terkhusus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia yang semakin terampil hingga lahirnya keterbukaan lapangan pekerjaan di bidang otomotif.

Source : industri.kontan