Makin Tegang! Setop Impor Batubara, Jepang Juga Akan Usir 8 Diplomat Rusia

Pemerintah Jepang sejak pekan lalu telah mengumumkan bahwa akan mengusir 8 perwakilan pejabat diplomat asal Rusia.

PM Fumio Kishida, telah mengumumkan babak baru dari sanksi yang diberikan Jepang terhadap keputusan operasi militer khusus Rusia di Ukraina. Keputusan ini merupakan salah satu sanksi tambahan Jepang kepada Rusia.

Jepang teah membekukan aset yang dipegang oleh berbagai bank milik Rusia termasuk  aset di Jepang yang dikelola oleh negara.

PM Kishida juga telah mengumumkan akan setop impor pasokan batubara dari Rusia meskipun pasokan dari negara Putin tersebut memasok sumber energi sebesar 14,5% kebuthan Jepang.

Namun langkah ini sebagai tambahan sanksi sekaligus cara Jepang dalam mengurangi ketergantungan dari pasokan energi negara beruang merah tersebut.

Menuru Kishida, langkah-langkah ini merupakan pertanggung jawaban yang harus diterima Rusia atas tindakan tak manusiawi atau Rusia disebut telah melakukan kejahatan perang.

Menyusul pengumuman Jepang tersebut, Rusia pun dikabarkan tak tinggal diam. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa Rusia juga tengah mempertimbangkan tindakan balasan dan memungkinkan untuk juga mengusir diplomat Jepang.

Source : JT,