Mantap Guys! Di Jepang Kini Bisa Tes Kesehatan Mental Mandiri Lewat Air Kencing

Terkadang, tak bisa dipungkiri dalam hidup manusia tak akan pernah bisa lepas dari masalah sehari-hari yang membuat kita stres dan mengalami depresi.

Di Jepang sendiri, penyakit mental masih membawa stigma sehingga sulitnya bagi orang untuk mencari bantuan saat dibutuhkan.

Saat ini, sebuah tes kit yang dikembangkan oleh Ceolspect, sebuah perusahaan pemasok barang medis di Iwate, menawarkan sebuah tes pack untuk mengetahui apakah kita mengalami stres atau penyakit mental lewat air seni.

Tes kit tersebut bisa kita beli baik lewat online atau pun di toko obat dengan harga antara 3000-4000 JPY.

Nantinya, pasien akan mengumpukan terlebih dahulu sampel urin dan dikirimkan sebuah apotik yang telah bekerja sama dengan Ceolspect.

Urin tersebut nantinya akan dianalisis lebih lanjut dengan hasil yang bisa kita lihat lewat smartphone. Hasil tersebut akan memberi tahu kita terkait dengan analisis seperti mengidap depresi, atau pun gangguan mental lainnya.

Meski begitu, hasil dari Ceolspect nanti tidak bisa dijadikan acuan bahwa seseorang didagnosa menderita penyakit mental. Hasil urin tersebut hanya mengukur potensi seseorang apakah berisiko terkena penyakit mental dengan keadaannya saat itu.

Untuk meyakinkan diagnosis penyakit mental atau tidak, penderita harus berkonsultasi dengan dokter untuk mencegahnya di masa depan.

Tes urin ini dapat menjadi patokan bagi kita apakah perlu pergi ke dokter untuk mendapat perawatan terkait dengan mental kita.

Terkadang banyak orang yang mengalami penyakit mental sering disalahpahami sebagai bukan masalah sehingga enggan untuk melakukan perawatan apalagi faktor lain seperti malu juga membuat banyak orang tidak mendapat perawatan mental hingga kondisinya malah jauh lebih memburuk.

Source : SN24