Mantap! Jepang Akan Buat Terowongan Bawah Laut Menghubungkan Honshu dan Hokkaido

Ide pembuatan proyek terowongan bawah laut yang akan menghubungkan pulau utama Jepang yakni Honshu dan Hokkaido sebenarnya sudah direncanakan sejak bertahun-tahun lalu.

Kini sepertinya, pemerintah Jepang serius untuk membuat proyek besar tersebut menjadi kenyataan karena proposal angaran sebesar 720 milyar yen atau sekitar Rp 90 trilyun telah diajukan ke Kementerian Transportasi.

Jika proyek ini disetujui maka terowongan ini akan menjadi terowongan bawah laut terpanjang setelah terowongan Seikan di Jepang yang hanya sejauh 23 km di bawah laut.

Proyek terowongan bawah laut ini diperkirakan sepanjang 31 km.

Meski bagaimana pun juga, pemerintah perlu waspada atas kendala yang dialami Jepang dalam pembangunan infrastruktur di beberapa tahun terakhir yakni kekurangan tenaga kerja.

Namun jika proyek ini berhasil dibuat, terowongan ini akan berguna unuk memotong biaya transportasi di berbagai sektor bisnis dan menigkatkan pergerakan orang dan barang sehingga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Hokkaido sendiri merupakan salah satu pulau terbesar Jepang dengan ekonomi agrikultur yang cukup maju yang tidak terhubung dengan pulau utama Honshu melalui jalur mobil dan truk karena hanya ada terowongan kereta Seikan.

Dengan adanya terowongan ini diharapkan ada ekonomi yang tumbuh karena semakin mudahnya akses akivitas ekonomi dengan biaya transportasi yang lebih murah.

Source : AN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here