Mantap! Jepang Bikin Penemuan Piringan Kaca yang Bisa Deteksi Virus Kurang dari 5 Menit

Para penilti di Jepang mengklaim bahwa kini sedang mengembangkan sebuahh metode pengujian yang dinilai lebih cepat dan efektif dengan memakan waktu proses hanya kurang dari 5 menit.

Para peneliti dari Litbang Riken Prefektur Saitama mengatakan bahwa alat ini bisa jadi alat pengujian virus tercepat di dunia.

Menurut kepala Litbang Riken Institute Rikiya Watanabe mengatakan bahwa penemuan ini akan segera dikembangkan lebih lanjut dan siap dilakukan uji klinis pada akhir Maret 2023.

Saat ini sendiri, berbagai negara di dunia memakai PCR sebagai alat yang digunakan untuk mendeteksi seseorang yang terpapar virus. Namun tes ini sendiri setidaknya membutuhkan waktu hingga 1 jam agar bisa mengetahui apakah pasien telah terpapar virus atau tidak.

Ada juga tes anitigen yang lebih cepat hanya membutuhkan waktu 30 menit saja namun dirasa belum cukup akurat untuk menyatakan seseorang terpapar virus atau tidak.

Para peneliti mengatakan bahwa metode pengujian aru ini disebut dengan deteksi RNA digital dimana memanfaatkan air liur sebagai sampel yang diambil dari pasien nantinya akan dicampur dengan enzim dan larutan khusus.

Hasilnya, larutan tersebut akan ditempatkan di sebuah piring ang terdiri dari tabung reaksi untuk memeriksa molekul bersinar dari sampel yang diujikan. JIka terdeteksi adanya molekul tersebut berarti sampel dari pasien dinyatakan positif terpapar virus.

Source : Asahi