Mantap! Jepang Sepakat Siap Memasok Persenjataan Militer ke Indonesia

Jepang dan Indonesia telah sepakat menandatangani perjanjian kerjasama terutama di bidang pertahanan militer yang memungkinkan mengekspor berbagai peralatan militer buatan negeri Sakura ke Indonesia.

Langkah ini disepakati Jepang juga untuk mencegah agresi militer China di laut China Timur dan Selatan.

Perjanjian tersebut mencakup peralatan dan teknologi pertahanan yang siap dipasok ke Indonesia. Perjanjian tersebut langsung ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto bersama dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Menteri Prabowo mengatakan pasokan peralatan militer dari Jepang ini akan berguna bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan juga modernisasi pertahanan Indonesia.

Kerjasama ini juga sebagai langkah pemerintah kedua negara untuk menciptakan hubungan bilateral yang lebih mendalam antara Jepang dan juga Indonesia.

Kedua negara juga berdiskusi tentang kudeta militer di Myanmar yang telah memakan banyak korban jiwa penduduk lokal dan kedua negara menyatakan sangat mengecam perlakuan militer Myanmar tersebut.

Jepang yang kini terus mencoba menjalin kerjasama pertahanan dengan berbagai negara diharapkan dapat meredam agresi militer China. Jepang dan China sendiri terlibat kasus sengketa di pulau Senkaku selama bertahun-tahun. Keadaan diperparah usai pemerintah China yang memberlakukan agar kapal coastguard mereka boleh dilengkapi persenjataan militer.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here