Mantap! KBRI Tokyo dan Diaspora Indonesia di Jepang Bersinergi Dorong Pengembangan UMKM Produk Halal

​Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) merangkap Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Den Bagus LLC dan Sariraya Co.Ltd. Penandatanganan dilakukan di tengah kunjungan kerja Duta Besar RI ke Fukuoka pada 8-9 November 2021.

Sariraya merupakan produsen sekaligus distributor makanan halal Indonesia di Jepang, sementara Den Bagus LLC merupakan pemilik bisnis halal Vending Machine di Jepang bernama Nyonya Mart. Keduanya bersepakat untuk mendorong pemasaran produk UMKM Indonesia di Jepang melalui media halal Vending Machine.

Duta Besar Heri Akhmadi dalam sambutannya mengatakan, KBRI Tokyo terus berupaya mendorong pemasaran produk usaha UMKM Indonesia di pasar Jepang. Hal ini dilakukan dengan melibatkan diaspora Indonesia di Jepang. “Saya yakin UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang di Jepang. Dengan dukungan dari Diaspora Indonesia hal ini tentunya dapat lebih cepat direalisasikan dan hasilnya dapat lebih maksimal,” demikian disampaikan Dubes Heri.

Teguh Wahyudi, pemilik Sariraya Co.Ltd. mengapresiasi dukungan KBRI Tokyo dalam mengenalkan produk-produk makanan dan minuman halal Indonesia di Jepang. Kedepannya, melalui kerja sama ini diharapkan masyarakat Jepang semakin mengenal produk-produk Indonesia.

Sementara itu Adi Wahyudi mewakili Den Bagus optimis kerja sama ini tidak hanya memudahkan masyarakat Jepang namun juga masyarakat Indonesia di Jepang dalam menemukan produk – produk halal di Jepang.

Di kesempatan yang sama Duta Besar Heri Akhmadi juga menyaksikan penandatanganan kerja sama secara virtual antara Den Bagus LLC dengan PT. Akademi Melayu Dermawan, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemberdayaan UMKM berlokasi di Batam.  

Dari berbagai kesepakatan ini, Dubes Heri Akhmadi mengusulkan agar kiranya para pelaku UMKM dapat pula menjajaki potensi kerja sama dengan Diaspora Indonesia yang sudah memiliki jaringan luas dan pengetahuan mengenai kebutuhan dan selera pasar negara tujuan ekspor. Kesepakatan ini adalah implementasi konkret dari Sentra UMKM Indonesia yang dibentuk KBRI Tokyo, BI Tokyo, BNI Tokyo, dan Kantor Perwakilan BUMN Indonesia di Jepang akhir September lalu.  “Pelaku UMKM dan diaspora Indonesia dapat bersinergi sekaligus membantu pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemic,” ujar Dubes Heri Akhmadi.

Ilyas Karta dan Marlina Ramli, founder sekaligus Direktur PT. Akademi Melayu Dermawan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dukungan KBRI Tokyo dalam kesepakatan kerja sama ini. Diharapkan kesepakatan ini menjadi awal kerja sama yang berkelanjutan dalam pemberdayaan UMKM Indonesia untuk menembus pasar Jepang.

Source : kemlu