Mantap! Pemerintah Prefektur Gunma Tawarkan Kupon Undian Mobil/Diskon untuk Menarik Generasi Muda Segera Vaksin

Pemerintah prefektur Gunma akan memberikan hadiah berupa undian yang mencakup hadiah seperti mobil, kupon perjalanan atau pun potongan diskon lain demi menarik minat masyarakat terkhusus usia 20-30 tahun untuk segera mengikuti program vaksinasi.

Hal ini dilakukan pemerintah demi mempercepat pemberian vaksin kepada masyarakat terkhusus kecenderungan anak muda yang enggan untuk divaksin.

Meski terkesan menarik, namun kebijakan pemerintah prefektur Gunma ini juga menuai berbagai kritik dari masyarakat dengan mengatakan bahwa hadiah kupon tersebut hanya digunakan sebagai umpan dan seharusnya tidak hanya dikhususkan bagi usia 20-30 tahun.

Sejak survey yang dilakukan tahun lalu oleh The Lancet asal Inggris, dari 149 negara tentang kepercayaan mereka terhadap vaksin, Jepang menduduki peringkat 147 yang mana menduduki kedua terbawah terhadap kepercayaan keamanan vaksin.

Artinya, masih banyak bagi masyarakat Jepang enggan untuk divaksinasi karena belum percaya terhadap keefektifan dari vaksin itu sendiri.

Menurut para ahli, menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap vaksin mungkin juga dipengaruhi pemberian vaksin HPV tahun 2013 untuk mencegah kanker serviks.

Saat itu, Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang menghentikan promosi proaktif vaksin hingga membuat vaksinasi turun menjadi 0,6%.

Menurut pemerintah prefektur Gunma mengatakan bahwa kekhawatiran seputar vaksin mungkin sangat mendalam di kalangan generasi muda.

Selain itu, Pemerintah Gunma mengatakan kurangnya akses informasi terhadap vaksin bagi generasi muda di Jepang juga membuat banyak anak muda kurang begitu mendalam soal keefektifan vaksin.

Dengan promosi kupon undian ini diharapkan dapat menarik generasi muda agar segera mengikuti program vaksinasi.

Source : mainichi